Tutorial WPAP Anomali – Landak Nanas


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ilmu saya di bidang design wpap. Di kemas dalam bentuk simple dan mudah di mengerti, Langsung saja. Berikut di bawah ini adalah tutorial singkat dan sedikit penjelasan nya. Semoga dapat di pahami dan dapat bermanfaat bagi semua.


Step-by-step how to make wpap anomali


“Dalam membuat sebuah wpap, di utamakan adalah mencari source image dengan resolusi terbaik untuk hasil yang terbaik pula.” -BNNXX

  • Global Faceting

bnnxx_tutorial1_GlobalFaceting.jpg

Dalam tahap pertama ini, setelah mencari dan memilih source yang ingin kita wpap kan adalah dengan membuat facet global. Facet global adalah bentukan utama dalam kerangka gambar wpap, guna mempermudah dan membentuk karakteristik dari source itu sendiri. Facet global sangat lah di sarankan di buat semirip mungkin dengan source agar hasil akhir menjadi lebih memuaskan. Setidak nya, 95% facet global harus benar-benar mirip dengan object asli nya.

“Proses pengerjaan wpap anomali tidak lah terlalu memakan waktu yang banyak dan juga tidak terlalu sulit. Tergantung niat dan keinginan diri masing-masing untuk terus berlatih dan berlatih.” -BNNXX

Sebelum nya, untuk mempermudah dalam faceting. Perlu di perhatikan gelap terang untuk proses pewarnaan nanti. Karena pada dasar nya, warna juga berngantung pada faceting kita. Jika faceting tidak sesuai, maka pewarnaan juga bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan.

  • Detailed Faceting

bnnxx_tutorial2_DetailedFaceting.jpg

Dalam tahap kedua ini, setelah membuat global faceting adalah membuat detailed faceting. Detailed faceting adalah facet yang pada dasar nya mengikuti gelap-terang object. Dalam proses detailed faceting ini, diperlukan kecermatan dalam mendetailkan object. Detailed faceting juga membutuhkan faceting khas dari diri kita masing-masing. Tujuan nya adalah agar orang tau bahwa itu adalah karya kita. Tujuan lain nya juga, untuk mendapatkan satu komitmen facet. Juga di butuhkan sedikit improvisasi dari diri kita sendiri. Dalam tahap ini, sangat di butuhkan improvisasi dan permainan imajinasi. Bayangan bentukan dari object yang akan kita buat, akan menjadi seperti apa nanti nya. Semua bergantung pada proses detailed faceting ini.

“Bayangan tergelap adalah bayangan dari mantan yang sempat menggantungkan perasaan kita pada dahulu kala, zaman purba, sepertinya…” -BNNXX

Tentu nya, detailed faceting ini juga mengikuti gelap-terang dari object. Jangan sampai, ada bagian yang tertinggal saat proses detailed faceting ini. Untuk mempermudah pengerjaan, cermati lagi setelah selesai dalam proses ini. Agar pada saat proses pewarnaan kita tidak perlu melakukan perbaikan atau improvisasi faceting lagi. Karena akan sedikit memakan waktu proses pengerjaan.

“Tidak seperti detailed faceting, Perasaan yang sempat tertinggal tidak akan pernah bisa di perbaiki lagi.” -BNNXX

  • Creating Simple Background

bnnxx_tutorial3_CreatingSimpleBackground.jpg

Setelah tahap detailed faceting, saat nya membuat background untuk object. Dalam tahap ini, di butuhkan sedikit inspirasi untuk membuat background yang menarik dan sesuai. Namun, perlu di perhatikan. Jangan pernah sekali pun, membuat background asal jadi. Itu adalah tindakan yang salah. Karena, akan membuat pandangan object utama terhalang oleh background. Utamakan object sebagai pusat penglihatan. Background yang simple dan menarik akan membuat object utama terlihat bagus.

“Background terbaik adalah yag menopang object menjadi lebih menarik tanpa menghalangi penglihatan utama dari object tersebut” -BNNXX

Dalam mebuat background juga di perlukan improvisasi. Guna memfokuskan object daam sudut pandang terbaik. Jika merasa background kurang pas dengan object, buat lah background lain sampai dapat yang terbaik untuk object utama.

  • Coloring The Object

bnnxx_tutorial4_ColoringTheObject.jpg

Dalam tahap pewarnaan ini, perlu di perhatikan gelap-terang warna, serta tabrakan warna yang pas. Tujuan nya adalah untuk memperlihatkan bahwa object ini memiliki sisi gelap dan terang. Gelap karena kurang mendapatkan pencahayaan, Terang karena mendapatkan cukup pencahayaan. Dalam proses pewarnaan, untuk mengetahui gelap-terang object, perlu merubah bitmaps mode object utama dari PNG/JPEG RGB ke bentuk Grayscale.

“Dunia ini tak akan pernah berwana tanpa dirimu yang pernah melukai ku.” -BNNXX

Proses pewarnaan adalah proses yang menentukan karakteristik wpap dari object. Karena, apabila salah dalam pewarnaan maka object akan terlihat berbeda dan kurang menarik. Apalagi jikalau kita tidak memperhatikan gelap-terang, hanya asal mewarnai, itu akan memperburuk keadaan. Cobalah untuk merasakan warna, mulai dari tabrakan dan gelap-terang nya. Memang, proses pewarnaan biasa nya memakan waktu cukup lama. Namun, akan terlihat kepuasan dari diri kita sendiri saat proses akhir nanti.

  • Coloring The Background

bnnxx_tutorial5_ColoringTheBackground.jpg

Setelah proses pewarnaan object, selanjut nya adalah tahap pewarnaan background. Warnai lah background sesuai keinginan kita. Namun, perlu di perhatikan juga estetika dalam mewarnai. Jangan sampai membuat background dengan warna yang lebih menarik dari object. Hal itu akan menghalangi fokus penglihatan terhadap object. Dukung lah object dengan warna background yang sesuai. Supaya object yang kita buat agar lebih menarik di lihat sesuai dukungan dari backround dan warna nya.

“Background juga bisa di buat lebih sederhana, namun juga tidak terlihat datar. Sesuaikan lah dengan object utama.” -BNNXX

  • Finishing

bnnxx_tutorial6_Finishing.jpg

Langkah terahir adalah finishing. Pada tahap finishing ini tidak terlalu di perlukan hal-hal lain. Selain memberikan nama object yang telah kita buat, menambahkan logo kita (watermark) atau nama kita dan menambahkan logo wpap yang tersedia di beberapa website atau di grup belajar wpap.

“Langkah terkahir dalam hidup kita ini adalah dengan mempertanggung jawab kan atas apa yang telah kita perbuat di dunia yang fana ini kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa di Hari Akhir nanti.” -BNNXX

Demikian lah tutorial singkat dan sedikit penjelasan tentang wpap anomali dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan sedikit informasi untuk pembaca sekalian, Jangan lupa kunjungi website saya. Karena masih banyak lagi yang akan saya sharing di sini mengenai Informasi Teknologi dan Design. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di website ini.


For you information :
Terima jasa pembuatan WPAP dan Vector Pop Art or anything i can do as your request.

Instagram portofolio : @admin254_
Fiverr : http://www.fiverr.com/users/banihafidz34
Line ID : banihafidz
Facebook : //@banihafidz34

Facebook group Belajar WPAP Yuk!
https://www.facebook.com/groups/belajarwpapyuk/
Facebook group WPAP Community
https://www.facebook.com/groups/174825662538009/

BNNXX Digital Design
2017


Advertisements

BNNXX Digital Design. FASILKOM-TI 2015 Universitas Esa Unggul Jakarta. Penggemar OnePiece. WPAP Chapter Jakarta. IT Research dan Design Addict. Even you know about me, Trust me. Im not yours. No system is failed. No data is safe #SarcasmIdealism

Posted in Design, Tutorial
Categories
Archives
Calender
April 2017
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Member of The Internet Defense League
%d bloggers like this: