‘Kebebasan’ berfikir dan berpendapat


Salam wordpresser indonesia, salam penulis indonesia. Kali ini izinkan saya untuk membagikan tulisan yang berisi beberapa opini dan pendapat saya tentang, ‘Kebebasan’ berfikir dan berpendapat. Setiap kalimat yang tertulis adalah murni dari pemikiran saya pribadi. Selamat membaca dan keep sharing the good news 🙂

Media dan Informasi


Media. Sebuah ruang kosong yang berisi beberapa ulasan informasi yang di bagikan secara publik, baik melalui media cetak ataupun media elektronik. Kita tentu pernah atau bahkan sering kali membaca dan mendengar informasi dari beberapa media. Contohnya, yang paling sering di baca pada zaman ini adalah media informasi melalui internet.

Informasi. Sebuah berita atau artikel bacaan yang memuat beberapa informasi revelan, fakta dan opini, kejadian dan lain sebagainya, yang memiliki sumber jelas dan terperinci. Informasi, sering kali di sama-artikan dengan berita. Namun, tentu nya memiliki arti dan isi yang berbeda.

(img source : http://www.honduras.com/wp-content/uploads/2012/05/newspaper.jpg)

Dalam beberapa waktu terakhir, media dan informasi sering kali di salah gunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya memberikan informasi palsu, bahkan sampai inigin menjatuhkan beberapa pihak dengan cara yang tidak baik. Dalam konteks seperti ini, banyak beberapa dari mereka bisa meraup untung yang cukup besar. Dalam media internet, informasi semacam ini bisa di sebut hoax atau berita palsu.

Tujuan nya adalah mempublikasikan suatu informasi dengan memutar-balikan fakta yang sesungguhnya untuk menjatuh kan suatu kelompok atau perorangan.

Akibatnya adalah cukup banyak khalayak umum percaya dengan menyakinkan diri bahwa informasi yang tidak benar tersebut adalah sebuah fakta. Namun, kenyataan nya banyak dari mereka hanya membaca judul informasi yang di berikan tanpa membaca isi artikel yang sesungguhnya. Di tambah lagi, khalayak umum juga tidak mau mengetahui sumber asli dan bagaimana informasi tersebut bisa di publikasi secara umum.

Oleh karena itu, sebelum kita membagikan sebuah informasi kepada khalayak umum, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa aspek dan sebab-akibat dari yang akan kita bagikan tersebut. Baik secara tertulis atau link sebuah website informasi.

Opini Berdasarkan Fakta


Pada dasar nya, manusia memiliki sifat dan pemikiran yang berbeda. Hal ini memberikan dampak ‘benturan’ pemikiran dari tiap-tiap orang yang berbeda. Lahir lah sebuah gagasan pro-kontra di khalayak umum. Tentu, hal ini adalah wajar. Mereka yang memiliki pemikiran yang sama tidak akan melahirkan sebuah ide dan gagasan baru setiap harinya. Yang pada akhirnya tidak ada evolusi pemikiran dari tiap-tiap khalayak umum.

Memang, kita tidak bisa menebak dan memprediksi. Apa yang akan terjadi dikemudian hari. Jika kita membagikan sebuah informasi yang tidak berdasarkan Fakta yang sesungguhnya. Namun, ada baiknya sebelum membagikan sebuah informasi, kita harus membaca nya dan merumuskan beberapa opini berdasarkan pemikiran kita masing-masing. Dan jangan sampai kita menuliskan apalagi memberikan infomasi yang memuat unsur-unsur kebencian terhadap gologan/kelompok tertentu atau perorangan.

(img source : http://20ta30.com/wp-content/uploads/2016/09/dual-heads-maze.jpg)

Dalam hal ini, memang akan memicu perdebatan informasi. Tentang apa yang telah di publikasikan, bukan tidak mungkin akan melahirkan sebuah ide bagi beberapa orang yang telah membaca isi dari informasi tersebut. Ada juga yang sekedar hanya ingin tau, baik kebenaran atau muatan artikel nya.

Boleh saja kita memberikan dan membagikan beberapa informasi, namun, jangan sampai kita lupa bahwa ada yang mengatur jalannya distribusi informasi dalam dunia hukum informasi, hal ini di sebut dengan KETENTUAN DAN ATURAN DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

Pada akhirnya, tujuan artikel kali ini, saya hanya ingin memaparkan beberapa opini saya tentang ‘Kebebasan’ berfikir dan berpendapat. Sembari mengingatkan, khusus nya kepada saya dan umumnya kepada para pembaca sekalian. Jaga dan ingatlah, apapun yang telah kita publikasi dan apapun yang telah kita baca, jangan sampai ada unsur kebohongan, kebencian terhadap sesama dan bertentangan dengan fakta sesungguhnya.

Karena hal seperti itu, bisa menjadi acuan untuk menimbulkan perdebatan beberapa golongan di khalayak umum, bahkan bisa meluas kebeberapa pasal dan undang-undang ITE dan TIK dalam suatu negara dan dunia tentunya.

“Be good, do good, good things will help you up.” -unknown

Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat. Salam..

Advertisements

BNNXX Digital Design. FASILKOM-TI 2015 Universitas Esa Unggul Jakarta. Penggemar OnePiece. WPAP Chapter Jakarta. IT Research dan Design Addict. Even you know about me, Trust me. Im not yours. No system is failed. No data is safe #SarcasmIdealism

Posted in Tulisan Bebas
Categories
Archives
Calender
December 2016
M T W T F S S
« Jun   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Member of The Internet Defense League
%d bloggers like this: