Story – Learn From Memories


Pernahkah terfikirkan oleh kita apa itu arti masalalu yang sesungguhnya? atau pernahkah anda berfikir apa makna dari sebuah masalalu? Sebuah kata yang hampir setiap saat kita dengar, ya, Masalalu atau Memories of Life. Lalu, apakah makna dan pelajaran yang dapat kita pelajari dari banyaknya kejadian di Masalalu atau sebuah Memories ?

Masalalu adalah sebuah kenangan, yang jadi pertanyaan bagaimana kita mengartikan masa lalu. Tentang bagaimana kita mengartikan apa itu sebuah kenangan dan sebuah masalalu. Tentang bagaimana kita belajar dari sebuah kejadian yang telah berlalu. Tentang sebuah perasaan yang pernah timbul, baik itu cinta, pertemanan, pertengkaran, keributan atau hal-hal lainnya yang bisa disebut ‘konyol’.

Apa yang selama ini kita kerjakan akan menjadi bagian dari sebuah masalalu. Seseorang dapat melupakannya begitu saja, lalu disini timbul pertanyaan “Apakah tindakan itu salah atau benar?”. Menurut saya apapun itu, yang pernah melekat di hati dan pikiran kita, apalagi pernah menjadi bagian dari hidup kita, itu adalah hal yang sangat berharga dalam hidup saya.

Mungkin bagi sebagian orang masalalu adalah sebuah kejadian yang sudah berlalu dan tidak benar, jika kita mengingatya terus menerus. Sebenarnya, mindset seperti inilah yang membuat kita terlalu cepat lupa atau sering lupa. Bukan saya menuding tindakan dan pemikiran anda salah, tetapi kurang tepat. Jika anda berpikiran seperti ini terus menerus, bukan tidak mungkin anda akan menjadi seseorang yang pelupa.

Penyakit lupa bisa dikaitkan dengan system syaraf dalam otak kita dan memori atau ingatan adalah sebuah alasan mengapa seseorang bisa lebih pandai dari orang lain pada umumnya. Caranya adalah dengan mengubah pola pikir kita (mindset) menjadi lebih baik dari sebelumnya. Perubahan butuh pengorbanan, wajar dilakukan untuk menjadikan diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sekarang, bagaimana anda dapat belajar dari sebuah masalalu?

[QUOTES : “Memories of our lives, of our works and our deeds, will continue in others” –Rosa Parks ]

Seperti kutipan qoutes diatas, memori dari kehidupan kita ini, dari pekerjaan dan perbuatan kita, akan di teruskan oleh yang lainnya. Tentu timbul sebuah pikiran, “Apakah memori yang sedang kita rekam dari kehidupan sehari-hari ini akan benar-benar di teruskan oleh yang lainnya?” Mungkin, bagi orang yang berpola pikir bahwa, dalam hidup ini kita akan mati dan berinkarnasi. Namun, itu adalah sebuah keyakinan dan pastinya setiap orang punya keyakinannya masing-masin. Disini saya bukan untuk membandingkan satu orang dengan lainnya, namun, apapun yang kita kerjakan di dunia ini akan benar-benar di ingat oleh sebagian orang lain. Dan otomatis, memori kita juga menjadi memori orang lain.

Mengapa demikian? Karena kita hidup di dunia ini hanya sekali dan berdampingan dengan manusia lainnnya. Mungkin mereka tidak mengenal kita, tetapi kita akan dikenang jika kita membuat satu memori yang berharga. Begitu pula sebaliknya, orang lain membuat memori dan ingatan bersama diri kita sendiri.

Adapun aspek-aspek yang dapat membantu kita mengingat peristiwa adalah dengan melihat atau mendatangi sebuah objek ‘kenangan’. Banyak aspek yang bisa mendukung kita mengingat atau merekam sebuah sesuatu. Baik itu dari lagu-lagu kesukaan-nostalgia, foto-foto masalalu, tempat, suasana, seseorang dan lainnya. Banyak dari sebagian orang pernah membuat tanggapan, “itu hanya foto, lupakanlah- kita bisa membuatnya lebih banyak” saya ingatkan, kita hidup hanya sekali, janganlah anda menentang kehidupan apalagi masalalu anda sendiri, terlalu berharga. Kita hidup memangnya untuk apa?

Sebuah prestasi tertinggi dalam hidup, jika seseorang dapat membuat penuh dengan kenangan, hidup nya dapat dikenang dan dapat mengenang kehidupan yang dijalaninya.

Jadikanlah hidup kita lebih bermakna dari hari-hari sebelumnya. Jadikanlah diri kita sendiri menjadi seseorang yang pernah menuliskan apa itu makna kehidupan dan masalalu yang sesungguhnya. Tancapkan bendera kebebasan dalam berekspresi dan mulailah hari dengan sejenak mengenang sesuatu yang baik, dari apa yang pernah kita perbuat.

Dalam keadaan sadar dan penuh dengan memori yang dikenang, penulis minta maaf apabila tulisan ini termuat makna dan intrinsik berlebih, kesalahan sepenuhnya kembali ke penulis. Terimakasih sudah berkunjung dan berkenan untuk membaca artikel ini dan berbenah diri, untuk masa depan yang lebih baik dan untuk masalalu yang terbaik…

Sumber Inspirasi:

– TEKNIK MENGUBAH POLA PIKIR (MINDSET)

 Arti Masa Lalu